dewasa.web.id

Informasi Kesehatan Seksual

Sejauh Mana Dorongan Bercinta Itu Normal?


Bila ditanya soal frekuensi berhubungan intim dengan pasangan, setiap orang memiliki jawaban yang berbeda. Tak heran bila kemudian muncul pertanyaan, seberapa sering, sih, frekuensi bercinta yang bisa dianggap normal oleh pakar? Apakah cukup sebulan sekali atau mungkin malah setiap hari? Jawabannya ternyata bergantung pada setiap individu. Sejauh mana mereka dan pasangan bersedia melakukannya tanpa merasa dipaksakan.


"Kebanyakan pasangan yang baru melewati masa bulan madu biasanya berhubungan intim sekitar 1,5 - 2 kali seminggu," kata Dr Noel Goldberg, seorang psikolog klinis. "Jika hubungan seks yang dilakukan dapat memberi kepuasan pada kedua belah pihak, tidak mengganggu rutinitas sehari-hari, dan baik Anda maupun pasangan sepakat soal kuantitas dan kualitasnya, bisa dikatakan dorongan seksual Anda berdua termasuk sehat dan normal," tambahnya.

Bila terjadi penurunan frekuensi, biasanya itu banyak dipengaruhi masalah komunikasi, relasi hubungan yang sedang bermasalah, atau kehadiran anak-anak yang cukup menguras energi.

Sementara menurut Dr Eric Grasser, direktur medis dari Unity Medicine, sehat atau tidaknya dorongan seks pasangan bisa bergantung pada berbagai faktor. "Untuk mencapai hubungan yang harmonis dengan pasangan, dibutuhkan keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Ketiganya harus dalam kondisi sehat, barulah Anda bisa memiliki dorongan seksual yang juga sehat," katanya.

Sumber: Shine, kompas.com
0 Komentar untuk "Sejauh Mana Dorongan Bercinta Itu Normal?"

Download Ebook Gratis